Jangan Hidup “begini-begini” Saja #1

Seri Resolusi 2012 Part #1

“Kenapa hidup saya kok begini-begini saja ya?”

.

Apakah Anda sering mengajukan pertanyaan ini pada diri-sendiri? Apakah pertanyaan itu masih terus menghantui Anda sampai detik ini?

Saya berjumpa dengan amat sangat banyak orang yang mengajukan pertanyaan ini, baik mereka yang masih muda maupun yang sudah berkarir lama sekali di sebuah perusahaan.

Memang berbagai versi penelitian memberikan kesimpulan yang sama. Mulai dari teori vilfredo paretto hingga Marshmallow Test menyatakan bahwa kurang lebih di dunia ini hanya ada sekitar 20% orang yang bisa berakselerasi dan mencapai puncak kemaksimalan dalam hidupnya, sedangkan sisanya yang 80% (mungkinkah Anda ada diantaranya?) adalah orang-orang yang selalu menjadi pengikut arah angin dan seringkali bertanya “kenapa hidup saya kok gini-gini terus ya?”

Setelah saya mengamat-amati orang-orang yang tidak puas dengan perkembangan hidupnya ini, maka muncul beberapa gejala/pola perilaku yang mirip. Dan herannya perilaku-perilaku itu tidak pernah dijumpai pada orang yang merasa hidupnya maksimal dan selalu berakselerasi cepat. Setidaknya saya akan sharingkan 3 hal yang Anda harus cek ke dalam diri Anda sendiri.

.

“Kutau yang Kumau”

Orang-orang yang hidupnya “stuck” dan tidak bergerak kemana-mana, umumnya tidak tahu apa yang ia inginkan dalam hidup ini. Meskipun orang-orang ini sudah sering  ikut seminar “Goal Setting” maupun training “Purpose Driven Life” namun ia hanya sekedar membuat goal karena memang sedang trend dan sudah menjadi semi kultur untuk membuat goal tiap tahunnya.

Bahkan beberapa perusahaan mewajibkan karyawannya untuk selalu punya resolusi tahunan baik untuk pekerjaan maupun resolusi personal.

Tapi, pertanyaan pentingnya sekarang adalah, Apakah Anda benar-benar tahu apa yang Anda inginkan untuk hidup ini? Apakah Anda benar-benar tahu kemana Anda bergerak? Apakah Anda benar-benar tahu apa yang Anda cari dalam hidup ini? Dan sekali lagi, apakah Anda sudah mengerti kemana ujung perjalanan hidup Anda?

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, maka tidak heran hidup Anda menjadi “sporadic” dan bergerak tak jelas. Anda jelas bertambah sibuk namun tak bergerak kemana-mana sama.

Bayangkan Anda menjadi pemilik sebuah restoran dan seorang pelanggan datang serta duduk di meja makan. Sebagai pemilik, sangat wajar jika Anda bertanya “ingin makan apa?” dan bagaimanakah perasaan Anda jika orang tersebut menjawab, “nggak tahu”

“WHAT?!”

Datang ke restoran tapi nggak tahu makan apa? Dan sebagai pemilik restoran Anda mungkin mencoba membantunya dengan menyuguhkan makanan terfavorit yang Anda miliki dan kemudian orang tersebut berkata, “kok makanannya Cuma begini-begini aja?”

Apa perasaan Anda sebagai pemilik restoran?

Hal yang sama terjadi dalam kehidupan banyak orang. Mereka tidak tahu apa yang mereka inginkan dalam hidup ini tetapi selalu “meratap” pada Tuhan, “kenapa hidup saya begini-begini saja?” Sekarang Anda bisa membayangkan bagaimana perasaan Tuhan?

Saya pernah membaca sebuah pernyataan yang sangat mencerahkan yaitu:

“Anda tidak pernah mendapatkan apapun yang tidak Anda inginkan”, dan…

“Jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan, berarti hati Anda belum benar-benar menginginkannya!”

Nah… Sebelum sampai di tahun 2012, ini saatnya Anda mencoba mengambil waktu untuk melakukan perenungan dan kemudian bertanya pada diri-sendiri apa yang sesungguhnya Anda inginkan untuk hidup Anda di tahun 2012. Kenapa Anda menginginkannya dan BENARKAH Anda menginginkannya?

Kemana Anda akan bergerak dan haruskah Anda bergerak kesana? Memangnya kalau tidak kesana bagaimana? Kalau sampai Anda masih bisa berkompromi, berarti Anda belum benar-benar menginginkannya.

.

by Josua Iwan Wahyudi
follow his twitter @josuawahyudi

One thought on “Jangan Hidup “begini-begini” Saja #1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *