Jangan Hidup “begini-begini” Saja #2

Kali ini saya akan sharing hal kedua yang membuat seseorang tidak mencapai kemaksimalan dalam hidupnya, padahal dia sudah membuat banyak goal dan mengisi penuh Dream Booknya dengan foto-foto visualisasi mimpinya!

Sederhana saja, karena semua orang gagal mengidap suatu penyakit tetapi anehnya, penyakit ini justru mereka sukai dan mereka enggan sembuh darinya.

.

Penyakit ini disebut penyakit M alias MALAS!

Definisi “Malas” menurut saya disini adalah: Melakukan hal yang sama berulang-ulang tetapi  mengharapkan hasil yang berbeda!

Apa yang terjadi dengan diri Anda sekarang tentu adalah hasil dari semua keputusan dan tindakan yang Anda lakukan di masa sebelumnya. Nah, kalau Anda mengulangi keputusan dan tindakan yang mirip untuk setahun ke depan, maka jangan heran jika di penghujung tahun 2012, Anda juga keadaannya masih “begini-begini” saja dan Anda kembali bertanya “kenapa kok hidup saya begini-begini aja ya?”

Jika tahun 2011 Anda tidak mengatur pola makan dan tubuh Anda menggembung, kemudian tahun depan Anda masih tidak menjaga pola makan dan berharap tubuh Anda lebih langsing, maka Anda pemalas!

Jika tahun 2011 gaji Anda naik 10%, kemudian Anda tahun depan masih bekerja dengan cara yang sama, dengan kecepatan yang sama, dengan tingkat kreatifitas yang sama, dengan jumlah pertemanan yang sama, dengan cara komunikasi yang sama, dengan energy yang sama. Maka jika Anda berharap gaji Anda naik 20% atau bahkan 50%, Anda pemalas!

Banyak sekali saya jumpai orang yang berharap hidupnya menjadi lebih baik tapi sama sekali tidak berusaha mengubah cara hidupnya agar benar-benar menuju ke arah yang lebih baik. Bahkan ada banyak orang yang terlalu malas untuk berusaha dan lebih memilih membayar orang untuk berusaha bagi dia.

Tidak masalah jika Anda kelebihan uang untuk membayar semua orang melakukan pekerjaan Anda. Tetapi Anda harus sadar, untuk hal-hal yang berharga dan mulia, selalu ada proses yang harus Anda lewati dan proses ini tidak bisa digantikan orang lain. Ketika Anda membayar orang lain untuk melewati proses ini, Anda bukan hanya semakin kerdil, tapi juga akan semakin MALAS!

Saya sendiri setiap tahun selalu menciptakan program baru di ShifThink. Saya juga selalu menargetkan hal-hal baru untuk diwujudkan. Saya tidak pernah mau sekedar menjalani apa yang sudah berhasil di tahun sebelumnya.

Di tahun 2011 kemarin saya bersama ShifThink banyak melakukan terobosan, beberapa diantaranya adalah meluncurkan ShifThink Professional Series yang menjadi terobosan baru dalam dunia training Indonesia dan juga membuat sejarah dengan mengadakan Konferensi Kecerdasan Emosi (EQ Conference) PERTAMA di Indonesia. Tapi, di tahun 2012, saja sudah mencanangkan hal-hal yang lebih spektakuler lagi!

.

Terus Bergeraklah!

Ciri-ciri pertumbuhan adalah SELALU BERGERAK. Saat Anda berhenti bergerak, Anda mati.  Jika Anda malas bergerak, Anda akan mati dengan sendirinya.

Nah, sebelum masuk tahun 2012. Evaluasilah apa yang sudah Anda lakukan di tahun 2011 dan bandingkan hasil apa yang sudah Anda peroleh. Kemudian pikirkan, di area mana Anda bisa melakukan lebih banyak dan mencoba cara-cara baru untuk memperoleh hasil yang baru dan lebih banyak?

Jika saat Anda memikirkan hal ini tiba-tiba hati Anda berteriak, “Wah itu susah…” atau “Wah itu melelahkan… bakal makan banyak energy…” atau bahkan “Wah itu butuh waktu….” Maka itu adalah sisi Malas Anda sedang berusaha menjinakkan Anda. Saatnya bangkit melawan dan menjadi pahlawan sesungguhnya!

.

by Josua Iwan Wahyudi
follow his twitter @josuawahyudi

One thought on “Jangan Hidup “begini-begini” Saja #2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *